Doa Sesudah Wudhu yang Shahih + Latin dan Artinya

Doa Sesudah Wudhu yang Shahih + Latin dan Artinya

Selain dengan tayamum, berwudhu adalah salah satu cara yang umat muslim biasa lakukan untuk membersihkan diri dan tubuhnya dari hadast kecil. Berwudhu merupakan kunci diterimanya ibadah sholat kita. Bila kita berwudhu dengan cara yang tidak benar dan tidak memenuhi syarat syah nya sehingga tidak sempurna, maka tentu ibadah sholat yang kita lakukan akan berkurang pahalanya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara berwudhu yang benar dan bacaan doa sesudah wudhu supaya wudhu yang kita lakukan dapat dinilai ibadah oleh Alloh.

Doa Sesudah Wudhu

Di kesempatan artikel kali ini, kami akan membagikan lafal doa sesudah wudhu rumi, latin, dan artinya. Khusus bagi Anda yang belum tahu atau ingin mengajarkan doa ini ke anak Anda, silakan disimak lafalnya berikut ini dan hapalkanlah.

 adalah salah satu cara yang umat muslim biasa lakukan untuk membersihkan diri dan tubuhny Doa Sesudah Wudhu yang Shahih + Latin dan Artinya

Latinnya : Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj'alnii minal mutathohhiriina.
Artinya : Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh).

Doa sesudah wudhu dibacakan dengan tujuan untuk menyempurnakan wudhu yang kita lakukan. Sebagaimana sabda rasululloh bahwa: Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kecuali dengan membaca 2 kalimat sahadat sehingga Allah akan membukakan untuknya 8 pintu langit yang dapat dia masuki dari pintu mana saja.
Doa Sebelum Belajar
Doa Sebelum dan Sesudah Makan
Doa Pembuka Majelis

Bid’ah dalam Berwudhu

Pada masa sekarang ini, kita sering menemukan tambahan khusus pada doa setelah wudhu yang diajarkan. Pada doa tersebut terdapat tambahan kalimat “Waj-’alni min-‘ibaadika ash-sholihin, minalladziina laa khoufun ‘alaihim walaa-hum yahzanuun” atau yang artinya “Jadikanlah diriku termasuk hamba-Mu yang sholih, yaitu hamba-hamba-Mu yang tiada rasa takut dalam diri mereka, dan tidak pula bersedih hati.”

Tambahan doa tersebut menurut beberapa ulama dianggap merupakan sebuah bid’ah yang harus dijauhi. Oleh karena itu, sebaiknya kita cukup hanya melafalkan doa sesudah wudhu yang shahih.

Selain doa sesudah wudhu di atas, ada riwayat lain yang menyebutkan bahwa rasululloh pernah melafalkan doa dengan bacaan yang berbeda. Lafal doa sesudah wudhu tersebut memiliki bacaan, latin, dan arti sebagaimana berikut:

 adalah salah satu cara yang umat muslim biasa lakukan untuk membersihkan diri dan tubuhny Doa Sesudah Wudhu yang Shahih + Latin dan Artinya

Latinnya : Subhaanaka allahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika’
Artinya : Maha suci Engkau ya Allah, segala puji untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Doa di atas juga merupakan doa sesudah wudhu yang sahih. Kendati jarang diamalkan oleh umat muslim di Indonesia, doa tersebut cukup populer sebagai pilihan doa yang dibaca setelah wudhu oleh umat muslim di negara-negara lain.

Nah, demikianlah sedikit pembahasan yang dapat saya sampaikan tentang doa sesudah wudhu dalam rumi, latin, dan artinya. Semoga dapat bermanfaat sehingga kita dapat menyempurnakan wudhu yang kita lakukan. Ajarkanlah doa tersebut kepada anak-anak Anda sehingga mereka juga dapat menyempurnakan wudhunya. Salam.
SHARE
ARTIKEL PILIHAN

Artikel Terkait

Post a Comment