Doa Masuk Masjid, Doa Keluar Masjid, dan Adab Ketika di Dalam Masjid | Kabar Santri

0 Comment

Masjid adalah rumah Alloh yang harus dijaga kesuciannya. Islam mengatur setiap muslim dengan sunnah-sunnah yang ada ketika seorang muslim hendak berangkat, masuk masjid, ketika di dalam masjid, dan ketika keluar masjid. Salah satu sunah tersebut adalah melafalkan doa masuk masjid dan doa keluar masjid. Selain itu, ada beberapa sunnah lain yang sebaiknya dilakukan oleh seorang muslim mengikuti tuntunan yang telah diajarkan Rasulloh dalam beberapa hadis. Nah, di artikel kali ini kami akan membahas sunnah-sunnah tersebut beserta doa masuk dan keluar masjid lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya.

Doa Masuk Masjid

Sebelum membahas tentang sunah apa saja yang sebaiknya dilakukan ketika menuju masjid, terlebih dahulu mari kita ketahui dan hapalkan seperti apa bacaan doa masuk masjid. Nah, berikut ini lafalnya:

Masjid adalah rumah Alloh yang harus dijaga kesuciannya Doa Masuk Masjid, Doa Keluar Masjid, dan Adab Ketika di Dalam Masjid

Latinnya : Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatika.
Artinya : Ya Tuhan, bukakanlah untukku, pintu-pintu rahmat-Mu.

Doa di atas dibacakan ketika kita hendak masuk ke dalam masjid sebagai bentuk permohonan agar Alloh SWT membukakan pintu rahmat-Nya untuk kita. Karena termasuk doa pendek, maka ajarkanlah doa tersebut kepada anak Anda supaya dapat menjadi amalan yang baik untuknya nanti.
Doa Naik Kendaraan
Doa Mau Makan
Doa Mau Tidur

Doa Keluar Masjid

Seperti halnya ketika hendak masuk masjid, kita juga dianjurkan membaca doa ketika keluar masjid. Lafal doa keluar masjid tersebut lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya adalah sebagai berikut:

Masjid adalah rumah Alloh yang harus dijaga kesuciannya Doa Masuk Masjid, Doa Keluar Masjid, dan Adab Ketika di Dalam Masjid

Latinnya : Allahumma innii as-aluka min fadhlika.
Artinya : Ya Tuhan, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu, akan segala keutamaan-Mu.

Adab Ketika Masuk dan Keluar Masjid

Doa masuk dan keluar masjid di atas adalah sebagian kecil dari sunnah-sunnah yang sebaiknya dilakukan seorang muslim ketika menuju masjid. Selain itu, ada beberapa adab dan sunnah lainnya yang juga diajarkan oleh rasululloh SAW. Berikut ini adab ketika masuk masjid tersebut:
  1. Mengikhlaskan niat menuju masjid semata karena mengharap ridho Alloh.
  2. Berpakaian yang rapi, sopan, menutup aurat, dan suci dari najis.
  3. Hindari memakan makanan yang beraroma kuat seperti bawang, jengkol, petai, dan lain sebagainya agar tidak mengganggu ibadah orang lain ketika kita berada di dalam masjid.
  4. Bersegeralah saat menuju masjid, berjalanlah dengan tenang, dan jangan tergesa-gesa untuk mengejar rakaat sholat.
  5. Adab khusus untuk wanita ketika hendak ke masjid yaitu mintalah izin kepada suami atau mahromnya, menutup auratnya dengan lengkap, dan tidak menggunakan wewangian atau berias.
  6. Ketika hendak masuk ke dalam masjid, dahulukanlah kaki kanan dan bacakan doa masuk masjid yang lafalnya telah kami cantumkan di atas.
  7. Bila ada kesempatan, maka  tunaikanlah sholat tahiyyatul masjid sebagai sunnah yang baik dan sebagai perwujudan penghormatan kita terhadap keagungan masjid.
  8. Tunggulah waktu sholat sambil berdoa, berzikir, atau membaca Al-Quran.
  9. Jagalah ucapan ketika berada dalam masjid, terlebih kata-kata jorok atau suara yang keras sehingga mengganggu kekhusyuan ibadah orang lain.
  10. Jangan keluar dari masjid ketika adzan selesai dikumandangkan, jangan membicarakan hal duniawi di dalam masjid, jangan meludah, membuat gaduh, membawa senjata tajam, dan jangan lewat di depan orang yang sedang sholat.
  11. Jika telah selesai menunaikan ibadah, keluarlah dari masjid dengan mendahulukan kaki kiri sambil membaca doa keluar masjid yang telah kami cantumkan di atas.

Nah, demikianlah pemaparan kami tentang adab-adab ketika di dalam masjid beserta doa masuk masjid dan doa keluar masjid yang dapat diamalakn sebagai sunnah. Semoga dapat menambah wawasan keagamaan kita dan semoga kita semua termasuk orang-orang yang hatinya selalu dekat dengan masjid. Salam.

Loading...

Post a Comment Disqus

 
Top