Al Habib Ahmad Bin Alwi Al Haddad (Habib Kuncung)

Al Habib Ahmad Bin Alwi Al Haddad (Habib Kuncung)

Tak jauh dari Mall Kalibata terdapat makam Seorang waliyulloh Al Habib Ahmad Bin Alwi Al Haddad (Habib Kuncung)
Tak jauh dari Mall Kalibata terdapat makam Seorang waliyulloh, Habib Ahmad Bin Alwi Al Haddad yang dikenal dengan Habib Kuncung. Beliau adalah seorang ulama yang memilki perilaku ganjil (khoriqul a’dah) yaitu diluar kebiasaan manusia umumnya. Beliau adalah waliyullah yang sengaja ditutup kewaliannya agar orang biasa tidak menyadari kelebihannya karena di khawatirkan umat Nabi Muhammad terlalu mencintainya dan agar tidak terlena dengan karamahnya tersebut maka Allah SWT menutup karamahnya tersebut dan hanya orang-orang tertentu yang dapat melihat semua karomah Beliau. Habib Kuncung juga terkenal sebagai ahli Darkah maksudnya disaat seseorang dalam kesulitan dan sangat memerlukan bantuan beliau muncul dengan tiba – tiba. 

Lahir di Gurfha Hadramaut Tarim tanggal 26 Sya’ban Tahun 1254 H, beliau berguru kepada Ayahandanya sendiri Habib Alwi Al Hadad dan juga belajar kepada Al A’lamah Habib Ali bin Husein Al Hadad, Habib Abdurrahman Bin Abdulloh Al Habsyi dan Habib Abdulloh bin Muchsin al Athos. Sebagaimana kebiasaan Ulama-ulama dari Hadramaut untuk melakukan perjalanan Ritual Dakwah ke berbagai negara termasuk ke Indonesia. Habib ahmad bin Alwi al Hadad melakukan ritual dakwah ke Indonesia pertama kali singgah di Kupang dan menurut cerita Beliau Menetap beberapa tahun disana dan menikah dengan wanita bernama Syarifah Raguan Al Habsyi dan di karunai anak bernama Habib Muhammad Bin Ahmad Al Hadad. Selanjutnya Habib Ahmad bin Alwi al Hadad melanjutkan dakwahnya ke pulau Jawa dan menetap di Kali Bata hingga wafatnya.

Gelar Habib Kuncung yang diberikan kepada Habib Ahmad bin Alwi Al Hadad yang saya tahu karena kebiasaan Beliau mengenakan Kopiah yang menjulang keatas (Muncung), dan Perilaku beliau yang terlihat aneh dari kebiasaan orang pada umumnya terutama dalam hal berpakaian. Habib Kuncung Wafat dalam usia 93 tahun tepatnya tanggal 29 Sya'ban 1345 H atau sekitar tahun 1926 M dan di Makamkan di Pemakaman Keluarga Al Hadad di Kalibata Jakarta Selatan.


Sumber:
http://syahiircenter.blogspot.com/p/kisah-ulama.html

SHARE
ARTIKEL PILIHAN

Artikel Terkait

Post a Comment