Hukum Jual Beli Dalam Islam

Hukum Jual Beli Dalam Islam

Jual beli adalah suatu pekerjaan umum yang di lakukan oleh setiap insan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.


jual beli yakni salah satu bentuk ibadah yang tergolong dalam belahan muamalah. Namun jual beli bukan hanya dilakukan oleh kalangan umat islam saja,dalam jual beli tidak ada syarat suatu agama. Karna jual beli termasuk hal yang mutlak yang sanggup di lakukan oleh setiap manusia. 

Bagaimana Transaksi Jual beli Dengan Orang Kafir?
Transaksi dalam jual beli tidaklah di syaratkan duduk masalah agama jadi sah-sah saja saat kita mau beli sesuatu kepada orang kafir,selagi aturan syariat islam masih kita pakai . 

Yang sangat penting dalam jual beli yakni tidak merugikan satu sama yang lainnya
(ridon bi rido). 

Pengertian Jual Beli Dalam Islam 
Jual beli yakni suatu perpindahannya hak milik kepada orang lain baik itu berupa barang atau harta dengan memakai uang sebagai alat tukarnya.

Pengertian Jual Beli Secara Etimologi 

jual beli ialah pertukaran sesuatu dengan sesuatu yang lainnya.bahasa lain dari jual beli iala al-ba,e ,tijaroh .menurut terminologi ulama banyak suatu perbeda,an dalam mendefinisikannya antara lain

1.menurut kalangan ulama hanafiyah jual beli ialah pertukaran harta (benda) dengan harta berdasarkan cara yang khusus yang di perbolehkan.

2.menurut imam nawawi dalam kitab maj,mu nya :jual beli yakni pertukaran harta dengan harta untuk kepemilikannya.

3.menurut imam ibnu qudomah dalam kitab al-mugni ;jual beli yakni pertukaran harta denggan harta.untuk salin menimbulkan milik.pengertian lainnya jual beli ialah persetujuan saling mengikat antara penjualnya.orang yang meyerahkan barang itu dinamakan penjual dan yang membayar dan mendapatkan barang itu dinamkan denagan pembeli (mustari).di zaman rosulullah pembayan itu menggunakn mata uang yang terbuat dari emas (dinar) dan mata uang yang terbuat dari perak(dirham) .

Hukum Jual Beli Dalam Islam 

1.Al-qur,an 
Allah berfirman dalam (surat annisa ayat 29 )
"yang artinya:wahai orang-orang yang beriman jangan lah engkau makan harta sesamamu dengan jalan yang bathil,terkecuali karna adanya suatu akad dan rasa suka saling suka di antara kalian".

2.Hadits
nabi di tanya perihal mata pencarian yang paling baik.beliau menjawab orang yan bekerja dengan tangannya dan jual beli yang mabrur.(mabrur@ ialah jual beli dengan tanpa tipu menipu orang lain dan meruggikan orang lain.

3.Ijma
ulama telah sepakat bahwasan nya jual beli itu dibolehkan karna sebab insan tidak akan sanggup mencukupi kebutuhan dirinya ,tanpa sumbangan orang lain.
SHARE
ARTIKEL PILIHAN

Artikel Terkait

Post a Comment