Istilah Dan Ciri Pondok Pesantren Modern

Istilah Dan Ciri Pondok Pesantren Modern

Istilah pondok pesantren modern pertama kali di perkenalkan oleh Pondok Modern Gontor. Istilah Modern dalam istilah Gontor berkonotasi pada nilai-nilai komodernan yang konkret ibarat disiplin, rapi, sempurna waktu, kerja keras. Termasuk nilai modern yang bersifat fisikal yang tergambar dalam cara berpakaian santri Gontor dengan simbol dasi, jas, dan rambut pendek ala militer.

 Istilah Modern dalam istilah Gontor berkonotasi pada nilai Istilah Dan Ciri Pondok Pesantren Modern

Defini Pesantren Modern Definisi dan arti dari Pondok Pesantren Ponpes Pontren Modern (kholaf, ashriyah), yang merupakan kebalikan dari Pondok Pesantren Salaf (salafiyah, tradisional) Oleh Litbang Ponpes Al-Khoirot Malang. Pondok pesantren Modern mempunyai konotasi yang bermacam-macam. Tidak ada definisi dan kriteria niscaya perihal ponpes ibarat apa yang memenuhi atau patut disebut dengan pesantren 'modern'.

Ciri Khas Pesantren Modern
Namun demikian, beberapa unsur yang menjadi ciri khas pondok pesantren modern ialah sebagai berikut :

1. Penekanan pada bahasa Arab percakapan
2. Memakai buku-buku literatur bahasa Arab kontemporer (bukan klasik/kitab kuning)
3. Memiliki sekolah formal dibawah kurikulum Diknas dan/atau Kemenag dari SD/MI MTS/SMP MA/SMA maupun sekolah tinggi.
4. Tidak lagi menggunakan sistem pengajian tradisional ibarat sorogan, wetonan, dan bandongan.

Kriteria-kriteria di atas belum tentu terpenuhi semua pada sebuah pesantren yang mengklaim modern. Pondok Modern Gontor, inventor dari istilah pondok modern, umpamanya, yang ciri modern-nya terletak pada penggunaan bahasa Arab kontemporer (percakapan) secara aktif dan cara berpakaian yang menjiplak Barat. Tapi, tidak mempunyai sekolah formal yang kurikulumnya diakui pemerintah. Pesantren modern, dengan demikian, ialah kebalikan dari Pesantren Salaf.

Pelopor Pondok Pesantren Modern
Pelopor dari pesantren modern ialah Pondok Modern Gontor. Pondok inilah yang secara sistematis dan sedikit demi sedikit memperkenalkan suatu sistem gres bagi dunia pesantren sehingga dengan reformasi sistem ini maka pesantren tidak hanya disukai oleh kalangan masyarakat pedesaan tapi juga mulai menarik masyarakat urban/perkotaan untuk menyekolahkan dan mengirimkan anaknya untuk dididik di pesantren.

Sistem yang diberlakukan pesantren modern menciptakan masyarakat yang selama ini agak sinis menjadi besar hati dengan pesantren. Karena komodernan yang di tonjolkan tidak hanya sekedar jargon dan simbol-simbol belaka, tapi juga meliputi implementasi dari nilai-nilai modern yang hakiki dan islami.

Namun sistem pondok modern bukan tanpa kritik. Salah satu kritik yang di dengungkan ialah lemahnya santri modern pada penguasaan kitab kuning klasik (kutub at-turats). Dan terlalu terfokus pada penguasaan bahasa Arab modern dan "ringan".

Berangkat dari kritikan ini, maka banyak pesantren yang tidak eksklusif menjiplak bulat-bulat sistem ini tetapi mengombinasikannya dengan sistem salaf dan sistem pendidikan lain yang sebelumnya hanya di luar pesantren ibarat pendidikan formal, dan lain-lain.

Pesantren Kombinasi Salaf Modern
Tidak semua pesantren menjiplak 100% sistem modern yang digunakan Gontor. Banyak dari pesantren yang masih mempertahankan sistem pesantren salaf. Sebagian mengambil jalan tengah dengan mengombinasikan dua sistem yang berbeda yaitu sistem salaf dan modern sekaligus.

Salah satu misalnya ialah Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang yang merupakan kombinasi salaf dan modern. Ia mempunyai ciri khas yang ada di pesantren salaf ibarat pengajian kitab kuning/klasik (kutub atturats) dengan sistem sorogan dan wetonan, ada madrasah diniyah, tahfidzul Qur'an, dan pada waktu yang sama mempunyai sekolah formal dan mengajarkan bahasa Arab kontemporer.

Pesantren ibarat Al-Khoirot Malang beranggapan bahwa sistem kombinasi antara sistem modern, salaf dan pendidikan formal ialah sistem terbaik ketika ini untuk di implementasikan di pesantren.

ARTIKEL MENARIK LAINYA:

Buka Komentar
close