Widget HTML Atas

Suara Adzan Dijadikan Ringtone

 Beberapa waktu kemudian saya pernah menanyakan wacana aturan ayat Al Suara Adzan Dijadikan RingtoneTanya - Ustadz yth...
Beberapa waktu kemudian saya pernah menanyakan wacana aturan ayat Al-Quran dijadikan ringtone, terimakasih atas pencerahannya. Maaf ada satu lagi saya ingin tanya; bagaimana kalau yang dijadikan ringtone bunyi Adzan? Bolehkah? Terimakasih atas kesediaannya menjawab.

(Indra, Jakarta)


Jawaban:
Sdr. Indra yang dirahmati Allah,
Sebelumnya kami pernah menawarkan balasan untuk pertanyaan bagaimana bila ayat Al-Quran dijadikan ringtone. Karena sedikit banyak pertanyaan ini berafiliasi erat, untuk lebih jelasnya silakan merujuk kembali balasan tersebut.

Kami percaya bahwa maksud orang yang melakukannya yaitu baik,

Keinginan sebagian orang untuk menyebabkan ayat Al-Qur’an atau Adzan sebagai ringtone didasari oleh suatu maksud baik, yaitu biar selalu diingatkan. Akan tetapi sekali lagi harus ditegaskan, bahwa adakalanya suatu tindakan yang diambil tidak selalu sesuai dengan maksud yang diinginkan.

Mengenai bunyi Adzan bila dipergunakan untuk ringtone, kami kira juga tidak tepat, alasannya yaitu memiliki kemungkinan terputusnya kalimat azan yang dibacakan saat panggilan dijawab. Akan tetapi bila diperdengarkan sebagai pengingat waktu shalat masih sanggup diterima, alasannya yaitu tentu saja suaranya dimaksudkan untuk diperdengarkan dalam kalimat yang sempurna. Wallahu a’lam bish-shawab.

Dr. Umar AR. Siwoon Al-Haddad, MA