Media Informasi dan inspirasi santri indonesia

Hikmah dan Keutamaan Membaca Basmalah

Seorang muslim dianjurkan membaca basmalah di setiap waktu mengerjakan sesuatu pekerjaan yang baik. Karena yang demikian itu mengingatkan bahwa pekerjaan yang dikerjakan itu semata mata perintah Allah, atau karena telah diizinkan-Nya.

Maka karena Allah lah ia mengerjakan pekerjaan itu kepada-Nya dia meminta pertolongan agar pekerjaan yang dilakukan terlaksana baik dan berhasil.

Rasulullah bersabda.
كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه ببسم الله الرحمن الرحيم فهو أبتر أو أقطع

"Sesungguhnya pekerjaan yang penting yang tidak dimulai dengan menyebut nama Allah adalah terputus (amalnya), yakni tidak ada hasilnya" (Hadits Arba'in An-Nawawi. Hadits ini hasan)

Sebelum datang Islam, orang arab menyebut al-Lata dan al-'Uzza jika ingin mengerjakan sesuatu pekerjaan yaitu nama-nama berhala mereka. Karena itu Allah mengajarkan kepada penganut agama Islam yang telah mengesakan-Nya supaya mereka setiap mengerjakan sesuatu selalu dengan menyebut nama Allah.

Keutamaan Basmalah

Dalam kitab fath al-Qadir, Imam Asy-Syaukani menyampaikan keutamaan bacaan basmalah sebagai berikut,

"barang siapa membaca basmalah, maka bertasbih bersamanya gunung gunung meskipun tidak terdengar olehnya"

Dikeluarkan ad-Dailami, dari Ibnu Mas'ud, ia berkata" Rasulullah bersabda, 'barang siapa membaca basmalah maka dicatat oleh Allah baginya setiap huruf 4000 kebaikan dan dihapuskan 4000 kejelekan dan diangkat derajatnya 4000 derajat/kedudukan'.

Dikeluarkan dari al-Khatib, dari Abu ja'far Muhammad bin Ali, Rasulullah bersabda " Basmalah adalah pembukanya setiap kitab (suci).