Media Informasi dan inspirasi santri indonesia

Gus Dur Ke Gus Mus: Aku Bahagia Di Kuburan, Orangnya Baik-Baik


Dalam tausiyah memperingati sewindu haul Gus Dur di Ciganjur Jakarta, KH Mustofa Bisri atau yang dekat dipanggil Gus Mus memberikan bahwa kini ini hal-hal yang mengingatkan kita kepada sesuatu yang mulia mau dihilangkan.

"Sekarang ini ke kuburan musyrik, payah. Sekarang ini repot, hal-hal yang mengingatkan kita kepada sesuatu yang mulia itu mau dihilangkan," kata Gus Mus, Jum'at (22/12/2017) malam.

Sebelumnya, Gus Mus mengatakan, salah satu kebiasaan Gus Dur dikala jadi Presiden ialah ziarah kuburan. Ketika Gus Dur ditanya, kata Gus Mus, Gus Dur menjawab: "Saya bahagia di kuburan, orangnya baik-baik, ndak ada yang saling fitnah, ndak ada yang ghibah (ngrasani sana ngrasani sini) dan lebih jauh daripada itu, ia mengingatkan ke akhirat."

Selain ziarah, Gus Mus menyontohkan ibarat mauludan sebagai sarana mengingatkan pemimpin agung kita, haul mengingatkan tokoh-tokoh yang berjasa kepada masyarakat dan mengingatkan kematian.

Sekarang, lanjut Gus Mus, bahkan mengucapkan selamat hari Ibu saja diharamkan.

"Saya khawatir nirwana yang luasnya al-Ardl wa as-Samawat (bumi dan langit) isinya mereka saja," tutur Gus Mus. [dutaislam.com/gg]

Sumber :dutaislam.com

Bagikan ke

0 komentar: