Kehidupan ini Ibarat Siang dan Malam

Kehidupan ini Ibarat Siang dan Malam

Kehidupan Bukan kita yang punya, bukan pula kita yang mengendalikan. makanya ia sering bertolak belakang dengan apa yang kita inginkan. Panen kita bisa gagal, rencana kita bisa gagal. lalu siapa yang punya kehidupan kita?. Kita pasti sudah tahu jawabanya, yaitu Allah Yang Maha Memegan segala urusan.

 Bila sudah tahu hal ini, mestinya kita tidak boleh menjadi manusia yang gampang bersedih, marah, kecewa apalagi keputus asaan. Kan bukan kita yang mengatur, jadi serahkan saja kepada Yang Maha Mengatur. Bila gagal itu disebabkan karena kesalahan kita sendiri

Memang tidak mudah menerima kenyataan. Apalagi biasanya yang dinisbahkan sebagai kenyataan adalah hal-hal yang dipandang buruk oleh manusia. Misalnya saja kehilangan motor, kehilangan mobil, padahal cicilanya masih panjang lunasnya, apalagi tidak diasuransikan, putus sekolah, putus kuliah, berhenti kerja dan lain sebagainya. Disebut tidak gampang menerima kenyataan itu, sebab hal itu memang membawa kesedihan. Apalagi kita manusia yang mempunyai rasa, punya perasaan. Cuma, kalau kita pikir pikir, diterima atau tidaknya kejadian buruk, ia sudah terjadi, dan kita tidak bisa memutar waktu.

Ibarat siang dan malam , beginilah kehidupan kita, berputar. Tidak mungkin kita hidup dalam nuansa yang selalu terus terang. Mustahil..! Pasti ada masa dimana suasana buram bahkan gelap. Lalui saja dengan ikhlas, lalui saja dengan lapang. Toh ketika malam datang  kita juga tahu bahwa esok fajar pasti akan menjelang, lalu siang akan kembali datang.

Tapi, ada sebagian orang yang menggelapkan sendiri kehidupanya yang mestinya terang. Memang ada bedanya antara menggelapkan sendiri kehidupan dengan tidak menggelapkan sendiri. Adalah yang menggelapkan sendiri tidak bisa menunggu datangnya terang dengan sendirinya. Perlu usaha melewati pintu taubah. Tapi bila mereka gelap karena memang di uji oleh kegelapan, mereka hanya perlu bersabar. Suasana terang kadang datang sendirinya dan tidak perlu pintu taubah.

Baca juga: