Kadang Riya' Datang Tanpa Kita Sadari

Kadang Riya' Datang Tanpa Kita Sadari

Suka pamer merupakan sikap riya yang di larangdalam ajaran islam. Apa sih riya' itu?, Riya' adalah melakukan sesuatu amalan agar orang lain bisa melihatnya kemudian memuji dirinya. termasuk kedalam riya' yaitu sum'ah, yakni melakukan suatu amalan agar orang lain melihat apa yang kita lakukan, sehingga pujian dan ketenaran pun datang.

Riya' dan semua derivatnya merupakan perbuatan dosa dan merpakan sifat orang orang munafik. Firman Allah

surah Al-Baqarah ayat 264.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنْفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا ۖ لَا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِمَّا كَسَبُوا ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir."

Ayat di atas menunjukan bahwa pamer harta dilarang, karena termasuk membanggakan diri terhadap harta. Sabda nabi Saw juga di ceritakan,," Kedudukan, pujian atau hal hal yang bersifat materi yang paling aku khawatirkan adalah syirik kecil, para sahabat bertanay, wahai Rasulullah apakah syirik kecil itu? Rasulullah menjawab "Riya'".(HR Turmudzi).

Bahkan di hadist lain kembali di ingatkan bahwa sifat pamer bahayanya melebihi fitnah Dajjal. Rasulullah Saw bersabda,
" Maukah kamu kuberitahu tentang sesuatu yang menurutku lebih aku khawatirkan terhadap kaliandaripada (fitnah) Al masih Ad dajjal? Para sahabat berkata "tentu saja", beliau bersabda " Syirik khafi (yang tersembunyi), yaitu ketika seorang berdiri menjalankan sholat , dia perbagus sholatnya karena mengetahui ada orang lain yang memperhatikanya.
Tulis Komentar
close