Ketika Iblis Menolong Orang  Sholat

Ketika Iblis Menolong Orang Sholat

Sekali iblis tetap iblis. Meskipun dalam suatu riwayat pernah menuntun orang pergi ke masjid, namun ternyata iblis punya misi jahat lain. Ternyata iblis tak pernah rela sedikitpun melihat hamba Allah SWT menjadi ahli ibadah.

Dikisahkan bahwa ada sahabat bernama Abdullah bin Ummi Maktum ra yang buta. Ia adalah seorang sosok sahabat yang senantiasa tawadlu dalam menunaikan kewajibannya sebagai hamba Allah.

Layaknya hamba Allah SWT yang senantiasa Istiqomah dalam menjalankan perintah-Nya. Abdullah lalu mantap berikrar untuk mendirikan jamaah subuh dimasjid, sekalidpun dirinya harus meraba dengan tongkat menuju masjid.

Terjatuh
Keesokan harinya tatkala adzan subuh berkumandang, Abdullah bin Umi Maktum bergegas memenuhi panggilan Illahi. Tak lama ketika ia mengayunkan kakinya beberapa langkah, tiba tiba iatersandung sebuah batu, badanya lalu tersungkur jatuh, dan sebagian bongkahan batu tepat mengenai wajahnya, dengan seketika darahpun mengalir dari muka yang mulia.

Sedang beberapa saat datang sesosok lelaki tak dikenal menghampirinya, kemudian lelaki tersebut bertanya "paman hendak pergi kemana?" Jawab sang sahabat "saya ingin memenuhi panggilan Illahi". Lalu laki laki asing itu menawarkan jasanya " saya akan antarkan paman ke masjid, lalu nanti kembali pulang kerumah" kata orang tersebut.

Lelaki tersebut segera menuntun Abdullah menuju masjid, dan kemudian mengantarkanya kembalipulang. Hal ini ternyatatidak hanya sekali dilakukan lelaki asing itu, tiap hari ia selalu menuntun Abdullah ke masjid dan kemudian mengantarkanya kembali kerumahnya.

Hingga tibalah suatu saat, ia ingin tahu siapa nama lelaki yang selalu mengantarnya. Ia lalu menanyakan nama lelaki budiman itu. Namun spontan lelaki asing itu menjawab "apa yang paman inginkan dari namaku?".

"saya ingin berdoa kepada Allah atas kebaikan yang selama ini engkau lakukan" Jawab Abdullah. " "tidak usah paman, paman tidak perlu berdoa untuk meringankan penderitaanku". tegasnya.

Siasat Iblis
Abdullah terhentak dan terkejut atas jawaban lelaki itu, ia lalu bersumpah atas nama Allah meminta lelaki itu untuk tidak menemuinya lagi, sampai ia tahu betul siapa dan mengapa ia terus memandunya menuju masjid dan tidak mengharap balasan apapun.

Mendengar sumpah Abdullah kemudian lelaki itu berpikir panjang, ia kemudian berkata "Baiklah akan aku katakan siapa diriku sebenarnya, aku adalah iblis" jawabnya..

Abdullah tersentak tak percaya, "bagaimana mungkin engkau menuntunku ke masjid, sedangkan dirimu menghalangi manusia untuk sholat?"..

Iblis itu kemudian menjawab "Engkau masih ingatkah ketika dulu hendak melaksanakan sholat subuh berjamaah, dirimu teersandung batu, lalu bongkahan bongkahan melukai wajahmu?". Tanya iblis.. "ya, aku ingat" jawab Abdullah.

"Ketahuilah pada saat itu aku mendengar ucapan malaikat, bahwasanya Allah telah mengampuni setengah dari dosamu. Aku takut kalau engkau tersandung untuk kedua kalinya, lalu Allah menghapuskan setengah dosamu yang lain. Oleh karena itu aku selalu menuntunmu ke masjid dan mengantarkanmu pulang kawatir jika engkau ceroboh lagiketika berangkat kemasjid" jelasnya..

Astagfirullah, ternyata iblis tak pernah rela sedikitpun melihat hamba Allah menjadi ahli ibadah. Hingga ia tak segan menggunakan topeng kebaikan, khawatir kalau mangsanya akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Baca juga: