Media Informasi dan inspirasi santri indonesia

Usia Ideal Untuk Menikah

Menikah adalah dambaan setiap insan, baik sebagai lelaki maupun permpuan, banyak yang bercita cita untuk bisa menikah dalam usia tertentu, pria merasa pas menikah saat usia 30 tahun, sementara yang wanita menikah saat memasuki usia 25 tahun.

Karena masih sebatas keinginan dan cita-cita tentu tidak selalu terwujud. Saat memasuki usia pernikahan sebagaimana angan anganya, ternyata  ada saja kendala yang selalu menghalang. ada yang belum siap karena pekerjaan belum mapan. ada juga yang merasa jodoh begitu sulit diwujudkan dalam kenyataan. Ada juga yang terlalu njelimet dalam memilih calon pasangannya. pendek kata hari pernikahan jadi tertunda, dan seringnya tidak dalam waktu pendek bahkan begitu lama.


Setelah sekian lama menanti dalam ketidakjelasan, saat ada kesempatan mendapat belahan jiwa muncul lagi masalah yang sebelumnya tidak diduga. Pasangan yang datang umumnya diluar kriteria. Yang lelaki sering menemukan usia diatasnya, sementara yang wanita mendapatkan pria yang usianya jauh dibawahnya. Masalah usia menjadi problem baru yang sering disikapi serius. bagaimana sebenarnya sikap seorang muslim dalam menyikapi masalah usia perkawinan?? haruskah begitu ketat mencari yang seimbang??  adakah usia pernikahan ideal?? 

Fatwa Syaikh Abdullah bin Abdul Aziz bin Baz

Syaikh abdullah berpesan kepada para remaja putri agar tidak menolak lelaki karena usianyayang lebih tua dari dia, seperti lebih tua dari 10, 20 atau 30 tahun. sebab hal itu bukan alasan. Rasulullah Saw sendiri menikahi Aisyah ra ketika beliau berusia 53 tahun, sedangkan Aisyah ra baru berusia 9 tahun. jadi usia dari itu tidak berbahaya, tidak apa apa perempuanya yang lebih tua dan tidak mengapa pula kalau lako lakinya lebih tua.

Rasulullah pun menikahi Khatijah yang saat itu berumur 40 tahun, sedangkan rasulullah masih berusia 25 tahun sebelum beliau menerima wahyu. Itu artinya Khatijah lebih tua 15 tahun dari Rasulullah. Kemudian Rasulullah menikahi Aisyah baru enam atau 7 tahun dan beliau menggaulinya ketika dia berumur sembilan tahunsedangkan umur rasulullah lima puluh tiga tahun.

banyak sekali orang yang berbicara di radio atau televisi untuk menakut nakuti masyarakat tentang kesenjangan usia antara suami dan istri. Ini adalah kekeliruan besar. Mereka tidak sepantasnya berbicara demikian. Kewajiban setiap perempuan adalah melihat dan memperhatikan laki laki yang akan menikahinya, lalu jika dia seorang yang sholih dan cocok, maka hendaknya menerima lamaranya, sekalipun lebih tua darinya.

Demikian pula bagi laki laki, hendaknya lebih memperhatikan perempuan yang shalihah yang berpegang teguh pada agama, sekalipun lebih tua darinya selagi perempuan itu masih dalam batas usia remaja yang produktif. Alhasil bahwa masalah usia itu tidak boleh dijadikan sebagai penghalang dan tidak boleh dijadikan sebagai cela, selagi lelaki atau perempuan itu adalah sosok lelaki yang sholih dan sosok perempuan yang sholihah.

Source: Al-Fatawa a-Syar'iyyah fi al Masa'il al-ashriyyah min Fatawa Ulama al-Balad al-Haram


Silahkan berkomentar sesuai judul. komentar mengandung link aktif/non aktif tidak akan muncul.
EmoticonEmoticon