Delima, Buah Surga yang kaya Akan Khasiatnya

Delima, Buah Surga yang kaya Akan Khasiatnya

Buah delima atau ar-rumman dalam bahasa Arab disebut tiga kali dalam Alquran. Dalam firman Allah, buah delima juga disebutkan,

"Dan, dialah yang menurunkan hujan. KAmi keluarkan daripadanya tanaman yang menghijau, kami keluarkan pula dari tanaman itu butir butir (buah) yang bergus gugus dan dari pohon pohon tamar (kurma) dari mayang mayangnya (kami keluarkan) tandan tandan buah yang mudah dicapai dan dipetik dan (kami jadikan) kebun kekebun dari anggur dan zaitun serta buah delima, yang bersamaan (bentuk, rupa dan rasanya) dan yang tidak bersamaan. perhatikanlah kamu pada buahnya apabila ia berbuah dan ketika masaknya. sesungguhnya yang demikian itu mengandung tanda tanda (yang menunjukan kekuasaan kami) bagi orang orang yang beriman." (Qs Al_An'aam:99)

Pada firman Allah dalam surah Ar Rahman ayat 46-48 juga dinyatakan:
"bagi orang orang yang takut akan saat menghadap Tuhanya ada dua surga dan dalam surga itu ada surga lagi. Di dalam surga itu terdapat mata air yang memancar. Di dalam keduanya itu ada mabam mavam buah buahan kurma serta delima."

Khasiat Buah Delima

Keunggulan dari buah ini adalah susunan buahnya. Apa bila kulit buah ini di kupas, kantung kantung kecil bejuz segar, manis, masam rasanya. Tidak banyak yang tahu bahwa buah satu ini punya banyak khasiat. 

Padahal, sempat terbesit isu bahwa buah delima mampu memperlambat penyebaran virus HIV. Yang pasti, masyarakat lebih mengenal tanaman bernama lain ini Granati pericarpiun sebagai penghenti pendarahan, terutama bagian kulit buahnya, kulit buah rasanya asam, pahit, sifatnya hangat, astringen, beracun alias toksik. selain berkhasiat menghentikan pendarahan, bagian ini juga mampu menjadi peluruh cacing usus, antidiare dan virus.

Daunya berkhasiat untuk peluruh haid, daging buah (pembungkus biji)  berkhasiat penyejuk. Biji sifatnya sejuk tidak beracun, berkhasiat untuk pereda demam, antioksida, pelumas paru dan meredakan batuk.

Kuatkan Jantung

Untuk pemakaian luar, rebus kulit buah atau kulit akar, lalu gunakan airnya setelah dingin untuk berkumur pada radang gusi, sakit tenggorokan, luka tersiram air panas, dan infeksi jamur di kaki. Gunakan jus buah delima untuk berkumur saat sakit sariawan, radang gusi, gigi berlubang atau sebagai obat kompres pada wasir yang sedang meradang.

Delima juga sejenis penawar karena kandungan antioksidan yang tinggi bagi penyakit jantung, dan membuat awet muda, delima juga mengandung fosfor, kalsium, besi dan sodium. Beraksi bersama sodium mengatur ekuilibrium air tubuh dan menjaga detak jantung agar tetap normal
Tulis Komentar
Press Enter to Search