Tips Islami Agar Suami Makin Sayang

Tips Islami Agar Suami Makin Sayang

Setiap keluarga pasti mempunyai masalah. Ada kalanya istri merasa suaminya kurang memberikan perhatianataukurang menjalalankan tugasnya dalam memberi nafkah.

Tak perlu Khawatir, semua ada solusinyadalam islam. Berikut dzikir dan nasehat para Ulama agar suami semakin sayang.

Dalam islam disebutkan bahwa para suami adalah pelindung keluarga..
 Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

ٱلرِّجَالُ قَوَّٰمُونَ عَلَى ٱلنِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بَعۡضَهُمۡ عَلَىٰ بَعۡضٖ وَبِمَآ أَنفَقُواْ مِنۡ أَمۡوَٰلِهِمۡۚ فَٱلصَّٰلِحَٰتُ قَٰنِتَٰتٌ حَٰفِظَٰتٞ لِّلۡغَيۡبِ بِمَا حَفِظَ ٱللَّهُۚ وَٱلَّٰتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَٱهۡجُرُوهُنَّ فِي ٱلۡمَضَاجِعِ وَٱضۡرِبُوهُنَّۖ فَإِنۡ أَطَعۡنَكُمۡ فَلَا تَبۡغُواْ عَلَيۡهِنَّ سَبِيلًاۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيّٗا كَبِيرٗا ٣٤

“Kaum pria adalah pemimpin bagi kaum wanita, karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (pria) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (pria) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Maka dari itu, wanita yang salihah ialah yang taat kepada Allah subhanahu wa ta’alaagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kalian khawatirkan nusyuznya, maka nasihatilah mereka, dan jauhilah mereka di tempat tidur, dan pukullah mereka. Jika mereka menaati kalian, janganlah kalian mencari-cari jalan untuk menyusahkan mereka. Sesungguhnya Allah Mahatinggi lagi Mahabesar.”

 'ALIYYAN KABIIRA

dari ayat di atas dapat kita petik kalimat zikir agar suami kita menjadi pemurah dalam memberi rizki. zikir yang dimaksud adalah Innallaha kaana 'aliyyan kabiira ( sungguh Allah maha tinggi Maha Agung)
Dengan zikir tersebut< Insya Allah suami tidak lagi tinggi hatidalam memberi nafkahdan suami lebih bertanggung jawabserta lebih melindungi istri dan keluarganya.
Di lain pihak, istri juga harus bertanggung jawab, yakni membelanjakan nafkah secara cermat. Ia tak boleh ceroboh atau menghabiskan uang dengan seenaknya sendiri.

'ALIIMAN HALIIMA

Selanjutnya agar suami memberikan nafkah lahir maupun batin dengan baik, maka kita pantas renungkan firman Allah

  تُرْجِى مَن تَشَآءُ مِنْهُنَّ وَتُـْٔوِىٓ إِلَيْكَ مَن تَشَآءُ ۖ وَمَنِ ٱبْتَغَيْتَ مِمَّنْ عَزَلْتَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكَ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰٓ أَن تَقَرَّ أَعْيُنُهُنَّ وَلَا يَحْزَنَّ وَيَرْضَيْنَ بِمَآ ءَاتَيْتَهُنَّ كُلُّهُنَّ ۚ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا فِى قُلُوبِكُمْ ۚ وَكَانَ ٱللَّهُ عَلِيمًا حَلِيمًۭا

Kamu boleh menangguhkan menggauli siapa yang kamu kehendaki diantara mereka (isteri-isterimu) dan (boleh pula) menggauli siapa yang kamu kehendaki. Dan siapa-siapa yang kamu ingini untuk menggaulinya kembali dari perempuan yang telah kamu cerai, maka tidak ada dosa bagimu. Yang demikian itu adalah lebih dekat untuk ketenangan hati mereka, dan mereka tidak merasa sedih, dan semuanya rela dengan apa yang telah kamu berikan kepada mereka. Dan Allah mengetahui apa yang (tersimpan) dalam hatimu. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun
. QS AL-AHZAB 33:51

Dari ayat tersebut di jelaskan supaya nafkah lahir batin memuaskan, bisa di istiqomahkan zikir Kannallahu 'aliiman haliima ( dan Allah maha tahu, maha penyantun)

ZIKIR TASBIH

Zikir yang lain untuk keharmonisan keluarga adalah zikir tasbis. Khusus soal ini ada satu riwayat yang menceritakan bahwa Fathimah Ra datang kerumah Rasulullah Saw untuk mengadukan perihaltanganya yang sakit karena menggiling tepung, ia hendak meminta seorang pelayanuntuk membantunya, namun dia tidak mendapatkan beliau berada di rumah. maka ia pun menceritakan kepada Aisyah Ra, ketika Rasulullah Saw datang Aisyah menyampaikan hal itu kepada beliau.

Ali Ra (suami Fathima) yang menceritakan hadist ini bertutur:"Rasulullah mendatangi kami, sedangkan kami sudah naik keatas ranjang untuk tidur, mendengar kedatangan beliau, kamipun bangkit. namun beliau berkata, tetaplah di tempat kalian, lalu beliau menghampiri kamik dan duduk diantara kami  hingga aku merasakan kesejukan kedua kaki beliaumenyentuh perutkulalu beliau bersabda: Maukah kalian aku tunjukan sesuatau yang lebih baik dari pada pelayan? (yaitu) jika kalian ke tempat tidur, kalian membaca tasbih (Subhanallah" maha Suci Allah) 33 kali membaca Tahmid  Alhamdulillah,(" Segala puji bagi Allah') 33 kali membaca takbir (Allahu akbar "Allah maha besar) 33 kali." (HR Bukhari, Muslim, Abu dawud, dan Ahmad)

Mengikuti petunjuk beliau, mereka berduapun mengerjakanya pada setiap malam. Akhirnya mereka tak lagi membutuhkan pelayandan bisa menyelesaikan masalah dan pekerjaan rumah tangga dengan baik.

Mudah mudahan doa zikir tersbut mengantarkan keluarga dan rumah tangga kita menjadi berkah dan bahagia..

Baca juga: