Cara Islami Hadapi Masalah Hidup

Cara Islami Hadapi Masalah Hidup

Yang meenjadi persoalan bagi kita sebetulnya bukan masalah yang kita hadapi, tetapi sikat terhadap masalah tersebut. Kalau tidak terampil dalam menyikapi setiaap masalah, maka hidup ini akan menjadi perpindahan dari penderitaan satu ke penderitaan yang lain.

Berikut ini kiat kiat islami untuk menghadapi masalah hidup.
pertama kita harus siap. maksutnya Qalbu (hati) harus siap menghadapi yang cocokdengan keinginan kita. Karena hidup ini tidak selamanya cocok dengan keinginan. Tetapi yang jelek menurut kita belum tentu jelek di hadapan Allah.

Karena siapa tahu Allah akan menggantikan yang lebih baik. sebagaimana di jelaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 216, yang artinya.."boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia lebih baik bagimu danboleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia buruk bagimu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui."

LURUSKAN NIAT
Tugas kita hanya dua, meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar. Punya keinginan adalah hal yang baik, tetapi kalau kita merasa tahu atas yang terbaik, itu bukan sikap orang yang beriman.

Yang kedua Ridho. kita harus Ridho dengan ketentuan Allah karena walaupun kita tidak Ridho, ketetapan itu toh telah terjadi. sebagian orang menderita bukan karena kenyataan, tetapi karena tidak mau menerima kenyataan.

Kalau sesuatu telah terjadi, maka yang teringat adalah bagaimana menyikapinyadengan sikap terbaik. Jadikan hal tersebut bermanfaat buat diri kita dan hati realistis ridho menerima kenyataan. Setiap kejadian terjadi atas izin Allah SWT dan Allah tidak akan pernah Zhalim kepada hamba hamba-Nya. Ridho bukan berarti pasrah saja, tetapi keterampialan mental untuk realistis. Kita tidak bisa memaksa setiap kejadian  harus sesuai dengan keinginan kita, tetapi kita bisa memaksa diri untuk menyikapi kejadian dengan sikap yang terbaik.

Yang ketiga, jangan mempersulit diri sendiri. Andaikata kita mau jujur, kita lebih banyak menderita karena pikiran karangan kita sendiri daripada kenyataan. kita sering mendramatisir masalah dan menghabiskan waktu untuk melayani angan-angan kita sendiri. Jika suatu saat ada masalah , maka mudahkan dan jangan di persulit karena Allah tidak akan membebani Hamba-hamba-Nya kecuali sesuai dengan kemampuanya.

EVALUASI DIRI
Sedangkan yang keempat adalah evaluasi diri. jadikan setiap yang terjadi menjadi bahan untuk mengevaluasi diri ke arah yang lebih baik. Sekiranya kita ditimpa suatu musibah, maka kita harus selalu bertanya mengapa hal itu terjadi, segera lakukan evaluasi diri dan carilah hikmahnya.

Dan yang terakhir, hanya Allah sebagai sandaran, sebagaimana di jelaskan dalam Al-Qur'an  Surah At-Thalaaq ayat 2 yang artinya." barang siapa bertaqwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar baginya".

Persoalan yang kita hadapi sebenarnya sarana untuk dapat memperbaiki diri, ilmu wawasan bertambah, pengalaman dan kematangan kita bertambah. Bersyukur diberi kenikmatan, Syukur itu kebaikan. Tidak ada yang kita takuti dalam hidup ini, kecuali kita takut karena tidak bisa mengevaluasi diri, takut tidak sabar dan takut tidak bisa dekat dengan AllahSWT. Masalah terbesar dalam hidup kita adalah ketika tidak bisa memperbaiki diri Dan tidak bisa mendekat kepada Allah Yang maha menolong hamba-hamba-Nya.

Semoga bermanfaat..
Tulis Komentar
Press Enter to Search