6 Perilaku Orang Tua yang mendorong kebiasaan buruk anak

6 Perilaku Orang Tua yang mendorong kebiasaan buruk anak

Mungkin masih banyak orang tua belum tau kenapa perilaku anak menjadi buruk, entah karena cara mendidik atau karena orang tua memberi contoh perilaku tidak baik pada anak. mari kita bahas..

1. Tidak konsisten
Sikap plin-plan Orang tuamembuat anak tidak lagi percara lagi kepada aturan yang di buat orang tua

jika kebiasaan itu berlanjut, sang anak akan tumbuh menjadi seorang yang tidak disiplin.

2. Menakuti dengan hukuman kosong
Kita pasti pernah mendengar orang tua yang menakuti anaknya dengan sebuah hukuman, tapi nyatanya hukuman itu tidak pernah dilakukan. Kebiasaan ini akan mendorong kepada anak untuk melakukan kesalahan yang sama.

3. Hukuman fisik
Hukuman fisik tidak selalu menjadi solusi untuk kenakalan anak. Justru anak anak yang sering mendapat hukuman fisik lebih sulit untuk menghilangkan kenakalanya, sebab mereka lebih memilih menahan sakit dari pada menghilangkan kenakalanya.

4. Mencari alasan untuk membenarkan anak
Orang tua khususnya ibu, biasanya menoleril kesalahan anaknya dengan berbagai alasan, tapi, terlalu sering mebari alasan untuk membenarkan kesalahan dapat mendoromg anak menjadi  pribadi yang tidak bertanggung jawab

5. Menyepelekan kebiasaan buruk anak
Sekecil apapun kebiasaan buruk anak, sudah seharusnya untuk menasehati anak agar dia berhenti melakukanya, sebab jika di biarkan dia akan terbiasa dan dibawa sampai dewasa.

6. Memaksakan cita-cita orang tua kepada anak
memaksakan cita-cita kepada anak dapat memberi tekanan besar terhadap psykologisnya, anak anak yang mempunyai tekanan berat dari orangtuanya cenderung lebih rentan berbohong
Tulis Komentar
Press Enter to Search