Kiai Hasyim Rela Menguras Wc Demi Cincin Nyai Kholil

Kiai Hasyim Rela Menguras Wc Demi Cincin Nyai Kholil

Siapa yang tidak kenal Hadratusy Syeikh Hasyim Asyari, terlebih jika ia bagian dari nahdliyyin. Beliau ialah pendiri Nahdlatul Ulama ialah sebuah organisasi massa Islam yang terbesar di Indonesia. Beliau merupakan putra dari pasangan Kyai Asyari dan Halimah, Ayahnya Kyai Asyari merupakan seorang pemimpin Pesantren Keras yang berada di sebelah selatan Jombang.

Hasyim Asyari dilahirkan pada tanggal 10 April 1875 di Desa Gedang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur dan tutup usia pada tanggal 25 Juli 1947 yang kemudian dikebumikan di Tebu Ireng, Jombang. Dari ayah dan ibunya, KH. Hasyim Asyari mendapatkan pendidikan dan nilai-nilai dasar Islam yang kokoh.

Sebagai seorang yang alim, al-Allamah, sikap dan tingkah laku KH. Hasyim Asyari mencerminkan seorang yang bakir dan bersahabat dengan agama. Diantara sikap ia dari sekian kemuliaan akhlaknya- yang patut untuk diteladani dan dijadikan referensi ialah sikap ia yang tawadhu dan hormat kepada guru-guru beliau.

Salahuddin Wahid (Cucu Hadratussyaikh Hasyim Asyari) dalam kata pengantar untuk bukunya Zuhairi Misrawi tentang Hadratussyaikh Hasyim Asyari (2013: xix) menceritakan, suatu hari Syaikhona KH. Cholil Bangkalan mengalami kesedihan yang amat sangat sehingga tidak mampu disembunyikan di wajah beliau.

Hasyim Asyari yang waktu itu menjadi santri ia bertanya apa gerangan masalah yang membuat ia begitu sedih. Ternyata cincin Nyai Cholil yang amat ia senangi jatuh ke dalam WC.

Hasyim tidak ragu-ragu untuk menghilangkan kesedihan gurunya. Hasyim membersihkan septic-tank semoga mampu menemukan cincin itu. Ternyata usaha ia tidak sia-sia dan mampu menemukan cincin Nyai Cholil.

Kisah ini mengajarkan kepada kita, yang pasti pernah berstatus sebagai murid atau santri untuk hendaknya memuliakan guru, memuliakan guru berarti memuliakan ilmu, memuliakan ilmu bermakna memuliakan Sang Sumber Ilmu, Tuhan SWT.

Jika guru sudah  ikhlas, guru sudah ridha, dengan doa guru kita minta doakan apalagi bila kita tahu guru tersebut sebagai orang yang bersahabat dengan Tuhan SWT. Berjalan tidak mendahului guru, berjalan tidak dengan membelakangi guru, mencium tangan guru dan tindakan memuliakan guru lainnya mampu menjadi karena Tuhan SWT mudahkan  kita untuk mendapatkan dan menyerap ilmu yang diberikannya.

Diceritakan pula saat Hasyim Asyari sudah menjadi ulama yang dikenal dan berpengaruh, pada setiap bulan Ramadhan banyak kiai dari pesantren lain mengaji terutama ilmu hadits kepada KH. Hasyim Asyari di Pesantren Tebuireng. Ternyata di antara mereka terdapat beberapa kiai yang menjadi pengasuh pesantren tempat KH. Hasyim Asyari pernah menimba ilmu.

Melihat hal itu, KH. Hasyim Asyari merasa keberatan bila kemudian mereka menjadi muridnya KH. Hasyim Asyari. Tetapi para kiai itu tetap berkeras untuk mengaji kepada KH. Hasyim Asyari. Karena KH. Hasyim Asyari juga tidak mampu membatasi dan menghalangi siapapun untuk belajar agama maka disepakati antara keduanya, KH. Hasyim Asyari tidak mau dipanggil kiai oleh para kiai sepuh itu tadi. Ketentuan berikutnya ialah para kiai sepuh itu tidak perlu bersusah payah memasak dan mencuci baji karena akan dilayani oleh para pengurus Pesantren Tebuireng.

Suatu malam, salah seorang dari kiai sepuh itu terbangun dan melihat ada seseorang sedang  mengumpulkan baju-baju kotor milik para kiai sepuh. Sekilas tampak orang tersebut seolah-olah KH. Hasyim Asyari. Karena penasaran maka kiai sepuh itu mengikuti orang tersebut. Ternyata orang tersebut mencuci baju para kiai sepuh dan sesudah didekati ternyata orang itu ialah KH. Hasyim Asyari sendiri.

Ketawadl'uan KH. Hasyim Asyari sebagaimana kisah di atas, hendaknya menjadi motivasi kita bahwa kadang kita merasa mahir dengan ilmu yang kita miliki, pejabat merasa mahir dengan jabatannya, hartawan merasa mahir dengan kekayaannya.

Kisah ini menyampaikan bahwa hormat pada orang lain sebagai bentuk takzim tidak akan membuat derajat seseorang akan jatuh tetapi akan sebaliknya mampu mengangkat ia pada maqam yang lebih tinggi lagi. Ini artinya juga, mengajarkan kepada kita bahwa kita mahir karena ada orang lain, baik sebagai perantara langsung maupun tidak langsung, eksistensi kita ada karena adanya orang lain.
Tulis Komentar
Press Enter to Search